Kamis, 07 Februari 2013

Alat Pernafasan manusia dan hewan



Alat Pernapasan Pada Manusia dan Hewan | IPA Sekolah Dasar
Setiap saat kita selalu menghirup dan mnegeluarkan udara. Hewan memerlukan udara untuk bernapas. Bahkan tumbuhan memerlukan udara untuk bernapas. Manusia dan hewan bernapas dengan paru-paru, insang pada ikan dan trakhea pada binatang berbuku-buku. Tumbuhan bernapas dengan lubang-lubang kecil pada daun, batang dan akar.

Mahluk hidup memerlukan udara pada pernapasan. Bernapas adalah memasukkan udara ke dalam tubuh dan mengeluarkan sisanya ke luar tubuh. Unsur udara yang masuk terdiri dari Nitrogen, Oksigen, Karbondioksida, Uap air, dan zat-zat lain. Oksigen adalah zat yang paling dibutuhkan dalam pernapasan untuk mengoksidasi sebagian zat-zat makanan terutama karbohidrat dan lemak. Hewan dan tumbuhan memerlukan udara untuk pernapasan.

A. Alat Pernapasan Manusia
paru-paru alat pernapasan
Gambar Paru-Paru Alat Pernpasan Manusia dan Hewan

Paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan. Paru-paru terbungkus oleh selaput tipis dan licin yang disebut pleura. Selaput licin memungkinkan paru-paru dapat bergerak pada waktu kita bernafas, tanpa menimbulkan kerusakan kedua paru-paru itu.
  • Semua sel tubuh kita membutuhkan oksigen untuk hidup dan tumbuh.
  • Oksigen diperoleh dari udara pada waktu bernapas
  • Oksigen dari udara dipindahkan ke dalam darah dan diangkut ke seluruh tubuh
  • Gas yang dihasilkan oleh mahluk hidup adalah karbondioaksida sebagai sisa metabolisme
  • Udara yang masuk melalui hidung mengakibatkan manusia dapat mencium bau
  • Aliran udara yang melalui tenggorokan, digunakan untuk menghasilkan suara, sehingga kita dapat berbicara
  • Pernapasan menghasilkan sejumlah air dalam sistem tubuh untuk membantu mengurangi panas tubuh.
B. Alat Pernapasan Hewan
1. Burung
Jalannya pernapasan pada burung yaitu :
  • Udara masuk melalui hidung
  • Tenggorokan
  • Pundi-pundi udara
  • Paru-paru
2. Serangga
Serangga bernapas dengan trakea. Oksigen diedarkan tidak melalui darah, tetapi diedarkan oleh sistem trakea. Keluar masuknya udara disebabkan getaran otot tubuh secara teratur. Contoh serangga adalah nyamuk, belalang, lalat, rayap, dan kupu-kupu.

3. Amfibi
Berudu bernapas dengan tiga pasang insang luar yang terdapat di kepala bagian belakang. Insang luar tersebt terdiri dari lembaran-lembaran kulit luar yang halus dan mengandung kapiler darah. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru kanan dan kiri. Di dalam paru-paru itu terdapat banyak gelembung udara. Oleh karena itu, kulit katak selalu kelihatan basah. Melalui kulit yang basah itu, atak mengikat oksigen.

4. Ikan
Ikan bernapas dengan insang yang berjumlah 4 pasang. Saat mulut ikan terbuka, air masuk ke rongga mulut, sementara tutup insang menutup. Kemudian, oksigen yang terkandung di dalam air diikat oleh kapiler darah. Sebaliknya karbondioksida dikeluarkan melalui insang. Ikan memiliki labirin, yang berfungsi menyimpan cadangan oksigen.

5. Cacing
Cacing tidak punya alat pernapasan khusus. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui permukaan kulit tubuhnya yang basah. Kulit yang basah mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida.

6. Mamalia
Alat pernapasan mamalia sama dengan manusia, yaitu paru-oaru. Untuk memperole oksigen, mamalia mgnhirupnya dari udara. Oleh karena itu mamalia sering muncul ke permukaan air untuk menghirup udara.

Itulah sekilas penjelasan sederhana mengenai alat pernapasan pada manusia dan hewan yang merupakan salah satu materi pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk sekolah dasar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar