Sabtu, 15 Juni 2013

Urgensi Internet bagi Remaja Masa Kini


PENTINGNYA PENDIDIKAN INTERNET BUAT PARA REMAJA

Perkembangan dunia internet semakin penting untuk pendidikan para remaja kita dijaman ini karena tanpa mengenal dunia internet bisa dikatakan remaja kita tertinggal pengetahuan tentang internet tetapi kenapa banyak orang tua yang mengkhawatirkan hal ini kepada anak-anaknya?

Banyak alasan orang tua terhadap anak yang kecanduan tentang dunia internet diantaranya mengganggu konsentrasi, terganggunya jam tidur, hingga ancaman cyber crime menjadikan para orang tua khawatir akan penggunaan internet terhadap anak-anaknya. Tapi tahukah Anda? Tidak memiliki akses internet adalah hal yang lebih buruk lagi buat anak anda dan para remaja sekarang ini dan satu hal lagi dalam mendidik para remaja kita tentag dunia internet tentunya ada pengawasan baik dari guru dan orang tua sendiri jangan sampai sampai anak dan remaja kita  menyalahgunakannya.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Universitas Oxford menunjukkan bahwa remaja yang tidak memiliki akses web sebenarnya mengalami kerugian yang serius dalam bidang pendidikan dan sosial.

Kantor Statistik Nasional Inggris mencatat bahwa sekitar lima persen dari keluarga di Inggris yang memiliki anak-anak saat ini masih mengalami kesulitan dalam mengakses internet. Siswa-siswa ini melaporkan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas sekolah dan merasa tidak dianggap dalam pergaulan sosial.

Meski dianggap memiliki dampak negatif, jika dimanfaatkan dengan tepat, kenyataannya internet  banyak membantu para remaja untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah mereka, membantu bersosialisasi dan membuka jejaring pertemanan yang lebih luas.

Bahkan, untuk menjamin internet yang aman Organisasi non-profit Family Online Safety Institute (FOSI) membangun “A Platform for Good”. Sumber daya online yang baru diluncurkan ini menjadi alat untuk para remaja, orang tua dan guru untuk meningkatkan kesadaran tentang efisien praktek keamanan online.

“A Platform for Good” adalah bentuk kerja sama FOSI dengan sembilan perusahaan teknologi termasuk Facebook, Microsoft dan Google. Dengan “A Platform for Good” remaja dapat mengetahui cara-cara tambahan untuk tetap aman dalam berselancar di internet serta menggunakannya untuk kebaikan sosial.

Kini, para orang tua seharusnya tidak perlu khawatir akan penggunaan internet oleh para anaknya, karena mereka dapat membantu menuntun dan mengawasi para remajanya untuk memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar