Selasa, 04 Juni 2013

Manfaat Pada Kecambah


MANFAAT KECAMBAH

Meningkatkan kesuburan
Fungsi ini terkai dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi dalam kecambah. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel telur dan sepermaa dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus betina yang mengalami ekurangan vitamin E, menunjukkan terjadinya gangguan reproduksi, seperti: infertile (tidakk dapat bereproduksi), dan keguguran.

Mencegah hipertensi
Banyak peneliti di jepang yang menaruh minat terhadap cara mencegah timbulnya hipertensi dengan memanfaatkan komponen aktif yang terdapat dalam bahan pangan. Salah satu kompnen aktif yang saat ini mendapat perhatian utama adalah peptide, hasil penguraan protein oleh enzim protease.
Beberapa peptide yang terdapat dalam kecamba memiliki sifat sebagai penghmbat kerja acethylcholine (ACE), sehingga proses perubahan angiotensi I menjadi angiotensi II menjadi terhambat. Rendahnya konsentrasi angiotensi II berkontribusi terhadap pencegahan timbulnya hipertensi (tekanan darah tinggi).

Mencegah rapuh tulang
Kandungan estrogen alami dalam kecamba dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang sehingga mencegah terjadinya kerapuhan tulang/osteoporosis.

Turunkan resiko stroke dan jantung koroner
Stroke dan jantung koroner terjadi karena adanya penumpukan lemak di dalam aliran darah. Saponin dalam toge dapat meningkatkan HDL yang akan menghambat terjadinya penyumbatan pada pemblu arteri.

Meningkatkan system kekebalan tubuh
Saponin dalam toge mampu menigkatkan aktifitas sel T-limfosit dan interferon yang berperan sebagai natural killer cells, pembunuh sel-sel yang tidak diinginkan tubuh serta bersifat membahayakan.

Melangsingkan tubuh
Kosumsi makanan kaya serat seperti kecambah sangat dibutuhkan dalam upaya untuk melangsingkan tubuh. Serat dalam pencernaan akan membentuk gel yang mengikat air sehingga menigkatkan volume makanan dan menyebabkan cepat kenyang.
Serat juga akan meningkatkan berat dan volume fases sehingga mudah dikeluarkan dan megikat serta mengeluarkan lemak dalam makanan yang dikosumsi.

Kesehatan kulit dan penuaan dini
Dengan mengkonsumdi kecambah yang kaya akan anti oksidan, aktivitas raikal bebas dapat diredam sehingga kerusakan sel-sel tubuh termasuksel-sel kulit dan proses penuaan dini dapat di cegah.

Manfaat lain
Mencegah kangker payudara, mengatasi gangguan sebelum mensruasi, gangguan pramenopouse dan gangguan menopause.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar